Rene Higuita

Gaya Tendangan Kalajengking Khas Rene Higuita

Jose Rene Higuita Zapata maupun yang kebanyakannya banyak yang menyebutnya hanya dengan sebutan nama tengahnya, Rene Higuita lahir di Medellin, Kolombia. Rene Higuita bisa disebut sebagai mantan penjaga gawang tim nasional sepakbola Kolombia yang amat terkenal dengan motif permainan sweepernya, Higuita kerap meninggalkan gawangnya tuk membantu barisan serangan ke daerah lawan. Bila Anda masih mendapati kesulitan pun dalam mengingat karakter ini, maka tentu Anda tak akan pernah lupa dengan adanya buatan Scorpion Kick alias tendangan kalajengking yang selaku salah satu ciri khas dari Higuita. Yup, dalam salah satu laga persahabatan tim nasional Kolombia yang dihadapkan pada Inggris di tahun 1995, Higuita dengan cara sengaja mengekspos gaya gerakan akrobatik yang mungkin dipastikan bakal selalu diingat oleh semua orang para pecinta sepakbola sepanjang sejarah.

Rene Higuita

Bagaimana tidak, berawal akan menangkap bola, menepis, maupun mengeblok bola dengan memakai tangan, Higuita justru menyeleksi memblok bola dengan langkah yang tak biasa digunakan oleh kebanyakan penjaga gawang. Higuita menghempaskan bola tendangan Jamie Redknapp meluncur melintasi atas kepalanya. Dan akhirnya , Higuita membuat lompatan sembari menekuk kedua kakinya ke sisi belakang. Dan hasilnya pula, bola kena kakinya hingga terpental menjauhi arah darigawang. Sejak Higuita menjalankan aksi tersebut, Higuita selaku bahan pembicaran di kalangan para pecinta sepakbola di dunia.

Tetapi, kebiasaan Higuita yang kerap keluar dari zona pertahanannya sendiri, bahkan membuahkan tragedi bagi dirinya sendiri di satu waktu. Pada pertemuan Piala Dunia 1990, Kolombia sukses maju ke partai Perdelapan Final tuk kemudian berhadapan pada lawannya yang berasa dari benua afrika, Kamerun. Saat itu, Higuita lagi-lagi nekat melaju tuk ke bagian depan. Lalu Malapetaka pun hadir ketika bola yang Higuita bawa rupanya berhasil diambil oleh striker Kamerun, Roger Milla. Dan tidak ada kesulitan yang mempunyai arti, Roger Milla dengan tenangnya menjebloskan bola ke dalam gawang Higuita yang sama betul tak terkawal oleh pemain timnas kolombia. Dan kekalahan itu sekaligus memupuskan harapan timnas Kolombia tuk maju ke partai perempat final.

Terlepas dengan seluruh kejadian itu, Higuita dulunya pernah dinobatkan sebagai penjaga gawang yang mempunyai torehan mencetak gol sangat banyak ke-4 di seantero dunia dengan prestasi hingga 41 gol. Nama Higuita pula tercatat di dalam posisi peringkat ke 8 sebagai penjaga gawang terbaik sepanjang sejarah dunia olahraga sepakbola oleh International Federation of Football History & Statistics atau disingkat IFFHS di benua Amerika Selatan. Hidup pribadi Higuita diluar lapangan hijau juga diwarnai dengan banyaknya kontroversi seperti diatas lapangan. Higuita pula pernah dijebloskan ke dalam penjara karena dirinya terlibat kedalam kasus penculikan yang mengakibatkan terseretnya 2 nama-nama mafia obat bius paling besar di Kolombia yakni Pablo Escobar serta Carlos Molina. Akibatnya kasus didalam hukum tersebut, Higuita saat ini tak bisa lagi berlaga memperkuat timnas sepakbola Kolombia di gelaran gengsi Piala Dunia 1994.

Pria yang pun berteman begitu akrab pada legenda sepakbola asal Argentina yang juga pernah menuai kontroversi di atas lapangan, Diego Maradona itu, sebelumnya pun pernah memelakoni 2 – 3 kali operasi plastik di tahun 2005. Hasil dari keputusan dia itu tentunya jadi bahan pembicaraan di golongan para fansnya. Banyak yang mensupport, namun tidak sedikit juga yang membuat kritikan tentang perlakuan kepada dirinya ini. Higuita akhirnya gantung sepatu di umurnya yang ke-43 tahun, lebih tepatnya bulan Januari tahun 2010. Berita selengkapnya dapat anda lihat di situs bandar judi bola online ini melalui halaman berita bolanya,

One thought on “Gaya Tendangan Kalajengking Khas Rene Higuita”

Leave a Reply

Your email address will not be published.